Sejarah Awal Bangkitnya Partai Komunis Indonesia (PKI)

Sejarah Awal Bangkitnya Partai Komunis Indonesia (PKI)

Onlinecheapestpricecytotec – Partai Komunis Indonesia (PKI) sebelum peristiwa berdarah biasa disebut G30S/PKI yang sangat populer di tahun 1965. Ternyata Partai ini menjadi momok yang membusuk di negeri kami yaitu Indonesia. PKI ini sangat banget dikenal di bangsa ini yang mempunyai logo atau yang berlambangkan Palu dan Arit.

PKI ini merupakan partai politik beraliran komunis non-penguasa terbesar di dunia setelah Uni Soviet dan China. Partai ini memiliki sejarah panjang sejak awal terbentuk tahun 1914 hingga dibubarkan tahun 1965 dan di nyatakan sebagai partai dilarang di bangsa Indonesia.

Awal Berdirinya Partai Komunis Indonesia (PKI)

Terbentuk nya Partai Komunis Indonesia (PKI) di pelopori oleh seorang sosialis yang berasal dari negara kincir angin yaitu Belanda yang bernama Henk Sneevliet dengan membentuk sebuah tenaga kerja dengan nama Indische Social Democratische Vereeniging (ISDV) di tahun 1914. ISDV mempelopori untuk dilakukan nya pemberontakan melawan pemerintah kolonial. Pada tahun 1917 ada seorang kelompok membentuk blok aliran anti kolonial bernama Sarekat Islam (SI).

Adanya perselisihan anggota terutama di 2 kota yaitu Yogyakarta dan Semarang. Membuat Sarekat Islam (SI) melakukan disiplin partai dengan melarang anngota nya untuk mendapatkan gelar ganda di kancah perjuangan pergerakan Indonesia. Hal tersebut sebagian anggota yang beraliran komunis membuat nya sangat marah dan memutuskan untuk keluar dari Sarekat Islam (SI).

Para anggota yang keluar kemudian memiliki rencana untuk membentuk partai baru yaitu bernama ISDV pada tahun 1920 yaitu di wilayah Semarang. ISDV kemudian berganti nama menjadi Perserikatan Komunis di Hindia (PKH) dan Semaoen lah yang menjadi ketua partai nya. Hingga akhir nya tahun 1924 partai ini berganti nama kembali yaitu Partai Komunis Indonesia (PKI).

Sejarah Awal Bangkitnya Partai Komunis Indonesia (PKI)

Perkembangan Partai Komunis Indonesia (PKI)

Pada tahun 1926 PKI melakukan pemberontakan di Jawa Barat dan Sumatra Barat, Meskipun pemberontak ini dihabiskan oleh tentara kolonial hingga akhir nya partai ini dilarang. Partai Komunis Indonesia (PKI) pada tanggal 18 September , pemimpin PKI yang bernama Amir Syarifudin bersama Muso mempunya rencana untuk melakukan pemberontakan terhadap pemerintah Indonesia dan Madiun. Pemberontakan tersebut merupakan bentuk ketidak puasan terhadap pemerintah Presiden Soekarno dan Moh.Hatta.

Pada tanggal 30 September 1948, Partai Komunis Indonesia (PKI) berupaya penumpasan PKI berhasil dilakukan oleh para Tentara Indonesia (TNI) untuk menembak mati pemimpin Partai Komunis Indonesia (PKI) yang bernama Muso. Sedangkan Pemimpin yang satu lagi yang bernama Amir Syarifudin dan semua kelompok nya dijatuhkan hukuman mati oleh pemerintah Indonesia yang di pimpin oleh Presiden Soekarno.

Baca Juga : Sejarah Penjajahan Yang Ada di Indonesia Merdeka

Kebangkitan G30SPKI

Bangkit nya G30SPKI pada tahun 1950-an , Partai Komunis Indonesia (PKI) di bawah pimpinan D.N.Aidit berhasil mengambil posisi sebagai partai nasionalis. Dibawah pimpinan nya D.N.Aidit Partai Komunis Indonesia (PKI) berkembang pesat , awal nya hanya beranggotakan sekitar 5000 orang namun pada tahun 1959 anggota Partai Komunis Indonesia (PKI) meningkat menjadi 1,5 juta orang. Bahkan di tahun 1955 pun Partai Komunis Indonesia (PKI) berhasil menduduki posisi keempat dalam pemilu.

Gerakan G30SPKIĀ  sebelum terjadi nya tragedi pemberontakan , Chaerul Shaleh menyatakan bahwa Partai Komunis Indonesia (PKI) sedang melakukan rencana kudeta. Pada tanggal 30 September 1965 , Gerwani dan pemuda rakyat yang merupakan organisasi pembentukan Partai Komunis Indonesia (PKI) melakukan unjuk rasa di Jakarta sebagai bentuk protes atas krisis inflasi yang melanda Indonesia pada saat itu. Pada tanggal 30 September 1965 sebanyak 7 anggota TNI AD dibunuh dan dibuang di sumur lubang buaya. Keesokan hari nya , Dewan Revolusi menyatakan bahwa mereka telah merebut kekuasaan melalui G30S.

Pada Tanggal 30 September 1965 di malam hari sejumlah prajurit Tjakrabirawa pimpinan Letkol Untung bergerak menculik 6 jendral dan 1 orang kapten Komandan TNI AD yaitu :
– Jendral Ahmad Yani
– Letnan Jendral Suprapto
– Letnan Jendral MT Haryono
– Letnan Jendral S Parman
– Mayor Jendral Dl Panjaitan
– Mayor Jendral Sutoyo Siswomiharj
– Kapten Pierre Tendean

Jenazah mereka kemudian ditemukan disebuah sumur Di Lubang Buaya , Jakarta.
Panglima TNI Jendral AH Nasution lolos , namun putri nya Ade Irma Suryani tewas, sementara ajudan nya, Kapten Pierre Tendean , jadi korban , diculik bersama enam jendral. Panglima Kostrad, Mayjen Soeharto bergerak cepat memadamkan pemberontakan perburuan pada para pelaku G30S dilakukan sangat cepat. Partai Komunis Indonesia (PKI) dinyatakan berada di balik gerakan pengambil alih kekuasaan dengan kekerasan, Dan para tokoh atau anggota Partai Komunis Indonesia (PKI) diburu besar – besaran dan di tangkap oleh para anggota TNI.

Para Tokoh – Tokoh Partai Komunis Indonesia (PKI)

Sebagian tokoh Partai Komunis Indonesia (PKI) diadili di mahkamah Militer Luar Biasa (MAHMILUB) sebagian dijatuhi hukuman mati. Ketua Partai Komunis Indonesia (PKI) yang bernama D.N.Aidit yang dituding merancang gerakan ini bersama ketua Biri Chusus Partai Komunis Indonesia (PKI) , Sam Kamaruzzaman melarikan diri ke Jawa Tengah, namun kemudian mereka di tangkap dan di bunuh. Terjadi penangkapan besar – besaran terhadap para anggota atau siapapun yang di anggap simpatisan atau terkait Partai Komunis Indonesia (PKI) atau organisasi – organisasi yang diidentikan oleh komunis seperti Lekra poker88 , CGMI , Pemuda Rakyat , Barisan Tani Indonesia (BTI) , Gerakan Wanita Indonesia (GERWANI) DLL.

Sejumlah laporan menyebutkan yang terbunuh setidak nya kurang lebih 500.000 jiwa di berbagai daerah khusus nya yaitu di pulau Jawa dan Bali. Ada berbagai kelompok turun ke jalan menuntut pembubaran Partai Komunis Indonesia (PKI). Sebagian mahasiswa menghancurkan markas Partai Komunis Indonesia (PKI) di berbagai daerah. Semua yang berkaitan PKI akan di hancur leburkan dan tidak ada yang tersisa oleh para TNI. Puluhan ribu orang dibuang ke Pulau Buru dipekerjakan tanpa pengadilan termasuk sastrawan yang sangat mendunia yang bernama Pramoedya Ananta Toer. Dan akhir nya G30S menandai naik nya Mayjen Soeharto dan jatuh nya Presiden Soekarno.

Pemerintahan Orde Baru Di Bentuk

Pemerintah Orde baru kemudian menetapkan 30 September sebagai Hari Peringatan Gerakan 30 September G30S dan tanggal 1 Oktober sebagai Hari Kesaktian Pancasila. Begitu banyak versi , tafsir , wacana. Juga begitu banyak korban kebencian dan saling tuding. Sampai sekarang berbagai upaya dan niat untuk menuntaskan tutup buku dari bab gelap sejarah indonesia itu tak kunjung berhasil.

Partai masih gelap sama sekali tentang perlu nya bersatu dengan borjuasi nasional dimana slogan Partai ialah ”Sosialisme Sekarang Juga” , ”Soviet Indonesia” , ”Diktator Ploretariat”. Penyelewengan ke kiri dari pada Partai ini dikritik secara tepat dan kena oleh kawan stalin dalam pidatonya dimuka pelajar – pelajar Universitas Rakyat Timur pada tanggal 18 Mei 1925 , dimana dikatakan nya bahwa penyelewengan ke kiri ini mengandung bahaya mengisolasi Partai dari massa dan mengubah Partai menjadi Sekte.

Penyakit komunisme yang menhinggapi partai memang telah mengubah partai menjadi suatu sekte. Telah mengisolasi Partai dari massa rakyat yang luas dan ini memudahkan kekuasaan kolonial yang ganas untuk menghancurkan partai. Tepat sekali apa yang dikatakan oleh kawan Stalin bahwa perjuangan yang teguh melawan penyelewengan ini adalah syarat yang penting untuk melatih kader – kader yang sungguh – sungguh revolusioner bagi tanah – tanah koloni dan negeri – negeri tergantung di Timur. Kebenaran perkataan kawan Stalin ini sangat di rasakan dalam perkembangan Partai Komunis Indonesia (PKI).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *